Jumat, 21 Maret 2008

Penggugur Dosa...

Di suatu saat Nabi  kita pernah bersabda:
( كل بنى آدم خطاء وخير الخطائين التوابون) رواه الترمذى
"Setiap keturunan Adam itu banyak melakukan dosa dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat ". HR Tirmidzi dan dihasankan isnadnya oleh Salim Al Hilaly.
Saya kira tidak ada di antara kita yang merasa bahwa dia bukan keturunan nabi Adam. Karena masing-masing dari kita adalah anak keturunan nabi Adam mestinya kitapun juga tahu bahwa dosa-dosa kita pasti telah menggunung, diakui ataupun tidak diakui. Kalau tidak percaya, mari kita amati kehidupan kita sehari-hari mulai dari bangun tidur sampai kembali merebahkan badan di kasur. Niscaya dalam satu hari saja dosa-dosa yang kita lakukan tidak akan terhitung jumlahnya. Terkadang kita bangun shubuh ogah-ogahan hingga akhirnya terlambat dan tidak sholat di masjid, di kelas masih ghibah, shalat dhuhur sambil memikirkan, "Koq mukafa'ah nggak turun-turun?", ketika ngantri di math'am memaki-maki, "Ini math'am apa nggak punya perasaan, membiarkan mahasiswa ngantri sepanjang ini!", shalat Ashar terlewat karena tidur siangnya kebablasan, pergi ke Haram niatnya biar dipuji teman-teman, "Ini orang rajin sekali ya, ke Haram tiap hari!", ketika naik bis matanya piknik ke mana-mana, sampai di Haram bukannya ngaji malah menghabiskan waktunya untuk ngobrol ngalor ngidul nggak jelas, ba'da Isya bukannya belajar malah begadang nonton film di kamar, yang berakibat shubuhnya telat lagi. Ini baru satu hari dan baru dosa-dosa yang ketahuan, bagaimana jika satu tahun? Bagaimana jika dikumpulkan selama 23 tahun?
Junjungan besar kita Rasulullah  telah menggambarkan:
(( إن العبد إذا أخطأ خطيئة نكتت في قلبه نكتة سوداء فإن هو نزع و استغفر صقلت , فإن عاد زيد فيها حتى تعلو قلبه , فهو الران الذى ذكرالله تعالى (( كلا بل ران على قلوبهم ما كانوا يكسبون)) المطففين : 14. رواه الترمذي و ابن ماجه و حسنه الألبانى رحمهم الله جميعا
"Jika seorang hamba melakukan satu dosa, niscaya akan ditorehkan di hatinya satu bintik hitam. Seandainya dia meninggalkan dosa itu dan beristighfar niscaya bintik hitam itu akan dihapus. Tapi jika dia kembali berbuat dosa dan terus menerus berbuat; bintik-bintik hitam itu akan terus bertambah hingga menghitamkan semua hatinya, itulah penutup yang difirmankan oleh Allah  yang artinya: "Sekali-kali tidak demikian, sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu telah menutup hati mereka". HR Tirmidzi dan Ibn Majah serta di hasankan oleh Syeikh Al Albani.
Maka tidaklah mengherankan jika seringkali kita merasakan bahwa hati ini mengeras; membaca ayat-ayat Al Qur'an hati ini tidak tergetar, mendengar nasehat-nasehat para ulama kalbu ini tidak luluh. Padahal Allah  telah mensifati orang yang beriman dalam frman-Nya:
 إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَاناً وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُون َ (الأنفال:2)
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka". Al Anfal: 2.
Orang-orang yang merasa dosanya telah menggunung dan dia merasa bersalah, lebih baik daripada orang-orang yang dosanya sudah menumpuk tetapi tidak merasa atau bahkan merasa suci dan alim!
Ketahuilah bahwa semua amalan kita dicatat di sisi-Nya, Allah  berfirman dalam surat Qaaf ayat 18:
 مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ  (قّ:18)
Artinya :"Tiada suatu ucapan yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat yang selalu hadir."
Bukan hanya dicatat saja, tapi juga akan diberi ganjaran yang setimpal. Dan jika Allah  telah menyiksa, maka sungguh adzab-Nya sangatlah pedih,
 إِنَّ بَطْشَ رَبِّكَ لَشَدِيد ٌ (البروج:12)
Artinya: "Sesungguhnya adzab Rabbmu benar-benar keras." Al Buruj: 12.
Dan dalam surat Al fajr ayat 25:
 فَيَوْمَئِذٍ لا يُعَذِّبُ عَذَابَهُ أَحَدٌ
Artinya: "Maka pada hari itu tiada seorangpun yang menyiksa seperti siksaan-Nya."
Oleh karena itu pada suatu hari Rasulullah  pernah bersabda:
( و الذى نفسي بيده لو رأيتم ما رأيت لضحكتم قليلا ولبكيتم كثيرا, قالوا : وما رأيت يا رسول الله ؟ قال: رأيت الجنة و النار ) رواه مسلم.
"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya (Allah), seandainya kalian wahai para sahabatku, melihat apa yang yang aku lihat, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis”, mereka bertanya,"Apa yang engkau lihat wahai Rasulullah?", Beliau menjawab: " Aku melihat surga dan neraka." HR Muslim.
Sebenarnya bagaimanakah kondisi neraka hingga para sahabat Nabi  menangis sesenggukan tatkala mengingatnya?
Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Nabi  menggambarkan keadaan adzab yang paling ringan di neraka:
( إن أهون أهل النار عذابا من له نعلان و شراكان من نار يغلي منهما دماغه كما يغلي المرجل. ما يرى أن أحدا أشد منه عذابا وإنه لأهونه عذابا) رواه البخاري و مسلم
"Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya adalah seseorang yang mengenakan sepasang sandal dari api, yang dengan sebabnya otaknya mendidih, sebagaimana mendidihnya air di dalam bejana. Dia mengira bahwa tidak ada satupun penghuni neraka yang lebih keras adzabnya darinya. Padahal ia adalah orang yang yang paling ringan adzabnya."HR. Buhari dan Muslim.
Mengapa dia sampai mengira semacam itu? Karena api di neraka bukanlah seperti api di dunia.
( ناركم هذه - ما يو قد بنو آدم – جزء واحد من سبعين جزءا من نار جهنم ) رواه البخاري ومسلم.
"Api kalian -yang dinyalakan bani Adam (di dunia)- hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bagian neraka Jahannam." HR Bukhari dan Muslim.
Seberapa dalamkah neraka? Kita akan dapatkan jawabannya dalam kisah di bawah ini,
عن أبي هريرة  قال ( كنا عند النبي  فسمعنا وجبة فقال النبي  : أتدرون ما هذا؟ قلنا: الله ورسوله أعلم . قال: هذا حجر أرسله الله في نار جهنم منذ سبعين خريفا قالآن انتهى إلى قعرها ) رواه مسلم.
Abu Hurairah berkata, "Suatu hari kami duduk-duduk bersama Nabi , tiba-tiba terdengarlah suara benda jatuh, serta merta Nabi  bersabda, " Tahukah kalian suara apa itu?" Kami menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih tahu," maka beliau bersabda, “Benda itu adalah batu yang Allah lemparkan ke dalam neraka Jahanam sejak 70 tahun yang lalu sekarang baru sampai ke dasarnya".HR. Muslim.
Apa makanan dan minuman penghuni neraka? Allah  berfirman,
 لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إلا مِنْ ضَرِيعٍ لا يُسْمِنُ وَلا يُغْنِي مِنْ جُوعٍ  (الغاشية:7-6)
Artinya: "Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar". Al Ghasyiyah: 7-6.
 إن شجرة الزقوم طعام الأثيم كالمهل يغلي في البطون كغلي الحميم  (الدخان 46-43).
Artinya: "Sesungguhnya pohon Zaqqum itu makanan orang yang banyak dosa ia bagaikan kotoran minyak yang mendidih di dalam perut seperti mendidihnya air yang sangat panas". Ad Dukhan 43-46.
وَسُقُوا مَاءً حَمِيماً فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ (محمد:15)
Artinya: "Mereka diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong motong ususnya". Muhammad: 15.
لبثين فبها أحقابا لايذوقون فيها بردا ولا شرابا إلا حميما وغساقا
Artinya: "Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya. Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapatkan) minuman selain air yang mendidih dan nanah". An Naba: 23-25.
Apakah tatkala usus mereka terputus-putus mereka langsung mati? Ya, tapi akan dihidupkan kembali, padahal satu hari di neraka sama dengan seribu tahun di dunia. Allah Ta'ala berfirman:
 وَإِنَّ يَوْماً عِنْدَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ (الحج:47)
Artinya: "Sesungguhnya satu hari disisi Rabbmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu." Al Hajj: 47.
Seandainya kita di dalam neraka setengah sehari hari saja, berarti kita akan mendekam di dalamnya selama 500 tahun / 5 abad. Na`udzu billah min dzalik...
Ikhwati fillah…
Inilah siksaan yang Allah  sediakan bagi hamba-hamba-Nya yang bergelimang dosa. Tapi ingat! Jangan sampai kita berputus asa karena banyaknya dosa, sebab setan akan masuk dari pintu keputusasaan seorang hamba seraya berkata, "Dosa kamu sudah terlampau banyak, tidak akan mungkin Allah  mengampunimu", hingga akhirnya ia terus menerus berbuat dosa.
Tidak demikian! Allah  telah berfirman:
 قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (الزمر:53)
Artinya: "Katakanlah,"Hai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."(QS. Az-Zumar 53)
Allah  juga telah menegaskan dalam surat Al Hijr: 49-50,
نَبِّئْ عِبَادِي أَنِّي أَنَا الْغَفُورُ الرَّحِيمُ وَأَنَّ عَذَابِي هُوَ الْعَذَابُ الْأَلِيمُ  (الحجر:50- 49)
"Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, "bahwa sesungguhnya Akulah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan bahwa sesungguhnya adzab-Ku adalah adzab yang sangat pedih"
Tatkala membaca ayat di atas, barangkali akan timbul pertanyaan di benak sebagian kita; Bagaimana Allah yang Maha penyayang tapi juga adzab-Nya sangat pedih? Inilah inti dari pembahasan kita kali ini.
Ahibbati fillah…
Meskipun siksaan Allah  di hari Akhir amatlah keras, tapi dengan kasih sayang-Nya, Dia memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi para hamba yang bergelimang dosa untuk mensucikan dirinya dari kotoran dosa-dosa di dunia ini, sehingga tatkala dia menghadap ke hadirat Allah  kelak, dia akan menghadap dalam keadaan suci bersih dari noda-noda dosa, sama sekali tidak disiksa di api neraka, bahkan dia akan masuk ke surga dengan penuh kedamaian.
Lalu apa saja hal-hal yang bisa mensucikan dosa-dosa kita di di dunia ini?
Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah, telah menjawab pertanyaan ini dalam untaian nasehat beliau di kitab Madarij Salikin hal 255-266: "Telah tersedia bagi orang-orang yang bergelimang dosa tiga telaga untuk mensucikan diri mereka di dunia. Seandainya mereka tidak bersuci di dalamnya niscaya mereka akan disucikan di lembah neraka jahanam. Telaga apa itu? Tiga telaga itu adalah telaga taubat nasuha, telaga amalan saleh dan telaga musibah".
Berikut ini penjabaran masing-masing dari telaga tersebut di atas:
1. Telaga Taubat Nasuha
Benarkah taubat nasuha itu akan menghapuskan dosa-dosa? apa dalilnya?
 إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً صَالِحاً فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَحِيماً  (الفرقان:70(
Artinya: "Kecuali orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amalan shaleh, maka kejahatan mereka diganti oleh Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS:Al Furqan:70).
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحاً عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ (التحريم:8)
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabb kamu akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai."(QS. At Tahrim 8)
Benar, Allah  memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bertaubat dengan taubat yang nasuha (semurni-murninya/sebenar-benarnya), bukan taubat sambel! Bukan model taubat seorang perokok yang apabila mendapat giliran meronda dan bertemu temannya yang masih merokok lantas menawarinya rokok, dia kembali merokok.
Perlu diketahui bahwa taubat nasuha memiliki empat syarat:
Meninggalkan maksiat.
Menyesali kemaksiatan yang telah ia perbuat.
Bertekad bulat untuk tidak mengulangi maksiat itu selama-lamanya.
Seandainya maksiat itu berkaitan dengan hak orang lain, maka dia harus mengembalikan hak itu kepadanya, atau memohon maaf darinya.
Mari kita membaca penjelasan berikut satu persatu.
Meninggalkan maksiat .
Maksiat itu bisa berwujud mengerjakan sesuatu yang diharamkan oleh Allah  atau bisa berwujud meninggalkan sesuatu yang diwajibkan oleh Allah . Mengerjakan yang haram seperti melihat perempuan yang bukan mahramnya, maka tidak bisa dinamakan taubat kalau matanya tetap melotot pada acara dangdutan di TV misalnya. Meninggalkan yang wajib contohnya: meninggalkan shalat (berjamaah di masjid), kalau benar-benar seseorang ingin bertaubat, maka jika dia mendengar adzan shubuh, dia harus berusaha bangkit dari springbednya yang empuk, kemudian menyentuh air yang dingin (berwudhu), lalu berjalan ke masjid walaupun mengantuk. Bukannya malah menarik selimut kembali!
Menyesali kemaksiatan yang telah diperbuat.
Setiap dia mengingat dosa yang telah dia perbuat, maka dia akan selalu menyesalinya dan merasa sedih sehingga dia beristighfar dan meneteskan air mata. Bukannya malah sebaliknya, merasa bangga dengan kemaksiatannya yang silam, bahkan bercerita kepada kawan-kawannya bahwa dia pernah menonton film di bioskop bersama teman-temannya yang dulu, atau bercerita dengan bangga bahwa dia pernah menonton VCD (baik itu VCD film biasa, semi porno, atau bahkan porno) misalnya. Wal’iyaadzu billaah…
Bertekad bulat dan bersungguh-sungguh untuk tidak mengulangi maksiat itu selama-lamanya.
Orang yang tangannya telah berlumuran dengan noda-noda dosa, sehingga kemaksiatan telah menjadi tradisi hidupnya, dia akan merasa berat dalam berusaha untuk meninggalkan maksiat, akan tetapi jika dia bersungguh-sungguh ingin bertaubat dan memohon pertolongan dari Allah , pasti Allah  akan menolongnya, dan semuanya akan terasa ringan insya Allah.
Mengembalikan hak bani Adam.
Contohnya mencuri, jika dia pernah mencuri, maka dia wajib mengembalikan barang curian tersebut kepada pemiliknya. Jika dia tidak menemukannya, maka dia harus berusaha mencarinya sampai bertemu dengannya. Jika sudah meninggal, dia temui anaknya, cucunya, buyutnya dan seterusnya dari kerabat atau keturunannya. Jika tidak berhasil juga, maka dia bersedekah dengan mengatasnamakan pemiliknya. Kemudian seandainya pada suatu hari dia bertemu dengan pemiliknya maka dia harus memberitahukan kepadanya dan memberikan pilihan, antara merelakan sedekah yang pernah dikeluarkan atas namanya atau menginginkan barang tersebut kembali. Jika dia menginginkan yang kedua, maka dia wajib memenuhi permintaannya.
Mungkin langkah-langkah ini terasa berat, tapi kalau kita renungkan kembali sabda Rasulullah  di bawah ini niscaya itu akan terasa ringan.
عن أبي هريرة  أن رسول الله  قال: أتدرون من المفلس ؟ قالوا: (المفلس فينا من لادرهم له ولا متاع. فقال: المفلس من أمتي من يأتى يوم القيامة بصلاة وصيام وزكاة, و يأتى وقد شتم هذا وقذف هذا وأكل مال هذا و سفك دم هذا وضرب هذا , فيعطى هذا من حسناته وهذا من حسناته. فإن فنبت حسناته قبل أن بقضى ما عليه أخذ من خطاياهم وطرحت عليه ثم ألقي في النار).رواه مسلم
Dari Abu Hurairah , Rasulullah  bersabda:" Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut/ jatuh pailit itu?", para sahabatnya menjawab," Orang yang pailit di antara kami adalah orang yang tidak punya uang dan barang perniagaan...", lantas Nabi  berkata: " Orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa amalan shalat, puasa, dan zakat. Akan tetapi dia telah memaki orang lain, memakan harta orang lain, menumpahkan darah orang lain, memukul orang lain. Maka diambillah pahala amalan-amalannya dan diberikan kepada ini dan kepada itu (orang lain tersebut-red), apabila amal kebaikannya sudah habis, sedangkan tanggungan dosanya belum juga tuntas, maka dosa-dosa mereka akan dicampakkan kepadanya, lalu ia dimasukkan ke dalam neraka." HR. Muslim
Itulah pentingnya taubat. Kita yang banyak dosa ini seharusnya selalu bertaubat. Nabi kita  bersabda:
( يا أيها الناس توبوا إلى الله فإنى أتوب في اليوم إليه مائة مرة) رواه مسلم.
"Wahai para manusia, bertaubatlah kalian kepada Allah! (Karena) sesungguhnya aku bertaubat dalam satu hari sebanyak seratus kali." HR. Muslim.
Ya, begitulah Nabi , padahal Allah  sudah mengampuni dosa-dosa beliau yang lalu dan yang akan datang menjamin beliau masuk surga. Lalu bagaimana dengan kita?
2. Telaga Amal Shalih.
Diantara yang menunjukkan bahwa telaga ini termasuk yang menggugurkan dosa, firman Allah ,
إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ  (هود:114)
artinya: "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (QS: Huud 114)
Tentunya kita tahu bahwa amal shalih itu banyak sekali ragam dan tingkatannya. Berhubung umur kita di dunia terbatas, maka kita harus mengetahui amalan apakah yang paling utama? Sehingga kalaupun kita termasuk orang-orang yang mati muda, amalan yang paling utama itu sudah berada di genggaman tangan kita.
Suatu hari Abu Dzar  berkata kepada Nabi ," Nasehatilah aku!", Nabi  bersabda: "Seandainya engkau berbuat keburukan (dosa), iringilah dengan kebaikan niscaya dia akan menghapus dosa tersebut". Abu Dzar  kembali bertanya, "Apakah La ilaha illallah termasuk amalan kebaikan?", Nabi  bersabda, " Dia adalah amalan kebaikan yang paling utama." HR Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani.
Jika kita menelaah hadits tersebut di atas, akan kita dapati secara gamblang bahwa amal shalih yang paling utama adalah tauhid (menegakkan kalimat laa ilaaha illallah). Bahkan inilah inti dakwah seluruh rasul sejak dari nabi Nuh  sampai nabi kita Muhammad .
 وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولاً أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ  (النحل:36)
Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus seorang rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): Sembahlah Allah (saja) dan jauhilah taghut itu." (QS: An Nahl 36)
Begitu agungnya kedudukan tauhid di sisi Allah , hingga orang yang tauhidnya benar, murni, dan sempurna akan masuk surga tanpa di dihisab amalannya dan tanpa diadzab.
Rasullah  bersabda:" Pada suatu hari aku diperlihatkan umat pengikut nabi-nabi sebelumku, maka aku melihat bersama salah seorang dari mereka pengikutnya berjumlah tidak sampai sepuluh, ada pula nabi yang pengikutnya satu atau dua. Bahkan ada nabi yang sama sekali tidak mempunyai pengikut. Tiba-tiba, aku diperlihatkan kepada orang yang banyak sekali, hingga aku mengira merekalah pengikutku, ternyata mereka adalah pengikut Musa. Lantas dikatakan kepadaku "Tetapi lihatlah ke ufuk sebelah sana!" ternyata di sana ada umat yang banyak sekali. "Lihatlah pula ke ufuk sebelah sini!" ternyata di sana ada manusia yang banyak sekali. "Mereka adalah umatmu, di antara mereka ada tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa dihisab amalannya dan tanpa diazab di neraka". Lantas setelah bercerita seperti itu, Nabi  bangkit dan masuk ke dalam rumahnya. Maka para sahabat berdiskusi dan mencoba menerka siapakah mereka yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. Sebagian mereka berkata," Barangkali mereka adalah para sahabat Nabi ", sebagian yang lain berkata, "Barangkali mereka adalah yang lahir dalam keadaan Islam dan tidak pernah berbuat kesyirikan", dan mereka menyebutkan kemungkinan-kemungkinan yang lain. Kemudian Nabi  keluar dari rumahnya dan bertanya, "apa yang sedang kalian perbincangkan?", lantas mereka memberitahukan kepada Nabi . Maka Nabi  bersabda: " mereka adalah orang-orang yang tidak berobat dengan cara kayy (pengobatan dengan besi panas), tidak meminta kepada orang lain untuk meruqyahnya dan tidak pula bertathayyur serta selalu bertawakal kepada rabbnya". Mendengar sabda beliau ini, salah seorang sahabat yang bernama Ukasyah  berdiri seraya berkata: "doakanlah aku agar termasuk dari mereka, Nabi  menjawab, "Kamu termasuk dari mereka". Lantas berdiri sahabat lain dan berkata, "Wahai Nabi! Doakan aku juga agar termasuk dari mereka!", Nabi  menjawab, " Ukasyah telah mendahuluimu." HR Bukhari dan Muslim.
Syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab dalam Kitab Tauhid mengambil kesimpulan dari hadits tersebut di atas: Orang yang mengamalkan tauhid secara sempurna akan masuk surga tanpa hisab.
Ikhwati fillah…
Meskipun kedudukan tauhid begitu tingginya, hanya saja masih banyak orang yang tidak tahu tentangnya atau pura-pura tidak tahu dan merasa pobi untuk bicara tentang tauhid. Di antara mereka ada yang berkata "Awas! Dalam berdakwah jangan sampai menyinggung-nyinggung masalah tauhid! Nanti umat akan berpecah belah!". Lalu, apakah Islam membawa suatu ajaran yang memecah belah umat?! Atau memang tauhid memecah belah antara orang mu'min dengan orang musyrik?!
Sebagian lagi ada yang berkata "Umat Islam di zaman sekarang sudah paham masalah tauhid, sekarang sudah saatnya kita untuk berkonsentrasi tentang dunia politik untuk mencapai impian kita; mendirikan Negara Islam!".
Mungkin kita boleh bertanya kepada orang yang berkata demikian,” Tolong hitung!! -dalam pulau jawa saja- berapa kuburan yang masih dipenuhi dengan sesajian? Berapa orang Islam yang masih meminta berkah dari para "kyai"? Berapa dukun, paranormal, "orang pintar" dan konco-konconya yang masih bebas buka praktek dan pasang iklan di koran-koran?”. Kami yakin dia tidak akan sanggup menghitung “penyakit-penyakit” itu di tengah masyarakat yang dia anggap sudah paham masalah tauhid.
Lalu benarkah Negara Islam bisa didirikan lewat jalur politik? Kalau memang bisa, mengapa sampai detik ini tidak ada satu negarapun yang berhasil menegakkan syari'at Islam lewat jalur politik? Kalau begitu, pasti ada kesalahan. Lalu di manakah letak kesalahannya? Imma jalannya yang salah wa imma tauhidnya yang salah? Seorang muslim tentu tidak akan menjawab bahwa tauhidnyalah yang salah. Oleh karena itu mulailah dengan mengibarkan "bendera tauhid" sebagai-mana Nabi Muhammad  mencontoh-kannya. Mungkin ada perkataan, "Aah…itu khan dulu? Sekarang zamannya sudah berbeda Mas!". Kita jawab: ”Yang benar itu, apakah Islamnya yang harus mengikuti zaman ataukah zamannya yang harus mengikuti Islam ya? Kalau boleh diibaratkan, Islam ibarat kepala, dan zaman ibarat pecinya, kalau kita beli peci ternyata kekecilan untuk ukuran kepala kita, kira-kira apa solusinya ya? Apakah kepala kita yang diperkecil ataukah pecinya yang diperbesar? Atau mana yang diperbesar dan mana diperkecil? Atau barangkali ada solusi lain?”.
Amalan agung kedua adalah shalat, tiang agama yang apabila tidak didirikan maka akan runtuhlah sebuah bangunan.
Nabi  menegaskan:
) العهد الذى بيننا وبينهم الصلاة فمن تركها فقد كفر( رواه أحمد وأصحاب السنن بإسناد صحيح.
"Perjanjian antara kita dan orang munafik adalah shalat, barang siapa yang meninggalkannya berarti dia telah kafir." HR Ahmad dan Ashabus Sunan dengan isnad yang shahih.
Shalat lima waktu akan membersihkan dosa-dosa jika dilakukan sesuai dengan tuntunan Rasulullah , yaitu dengan memenuhi rukun, wajib, sunnah-sunnah dan kekhusyu'annya.
عن أبي هريرة  قال: قال رسول الله : ( أرأيتم لو أن نهرا بباب أحدكم يغتسل فيه كل يوم خمس مرات هل يبقى من درنه شيء؟ قالوا: لايبقى من درنه شيء. فذاك مثل الصلوات الخمس يمحو الله بهن الخطايا ) رواه البخاري و مسلم.
Dari Abu Hurairah  Rasulullah  bersabda: "Bagaimanakah menurut kalian seandainya ada sungai di depan pintu salah seorang diantara kalian, kemudian dalam sehari dia mandi di sungai itu lima kali. Apakah akan tersisa di tubuhnya daki kotoran?" Para sahabat menjawab, "Tidak". Rasulullah  bersabda: "Itulah permisalan shalat lima waktu yang dengannya dihapus dosa-dosa." HR Bukhari dan Muslim.
Maka marilah kita berusaha untuk mendirikan shalat lima waktu tepat pada waktunya dengan berjamaah di masjid. Kita lihat suri tauladan dari generasi awal umat ini assalafushalih yang berusaha untuk selalu mendirikan shalat dalam kondisi apapun.
- Ada salah seorang sahabat Nabi , supaya dia bisa pergi ke masjid, dia harus dipapah oleh dua orang sahabat lainnya. Bagaimana dengan sebagian kita? Karena sakit gigi saja atau sakit perut atau bahkan mungkin hanya karena panu, dia tidak pergi ke masjid. Yang lebih memilukan lagi, ada yang tidak shalat berjamaah di masjid karena kesiangan gara-gara menonton film. Astaghfirullaah…
- Ada seorang tabi`in yang bernama Said bin Musayyib rahimahullah. Ketika adzan dikumandangkan, dia selalu sudah berada di dalam masjid. Dan hal ini beliau lakukan selama 40 tahun. Subhaanallaah…
Diantara amal shalih yang utama adalah Puasa, apalagi puasa Ramadhan. Banyak sekali ayat-ayat dan hadits-hadits yang menunjukkan keutamaannya, diantaranya adalah sabda Nabi :
(من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه). رواه البخاري و مسلم
"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah maka dosa-dosanya yang terdahulu akan diampuni ". HR Bukhari dan Muslim.
Masih banyak amalan-amalan shalih lainnya, yang kalau kita sebutkan semuanya, sepertinya beberapa edisi Al-Bashirahpun tidak akan cukup.
3. Telaga Musibah
Dalam surat Al Baqarah ayat 214:
َأم حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ (البقرة:214)
Artinya: "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu, mereka ditimpa melapetaka dan kesengsaraan serta digoncangkan (dengan berbagai macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya,"Kapankah datang-nya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesung-guhnya pertolongan Allah itu amat dekat"
Akan tetapi musibah, cobaan dan malapetaka itu akan membawa keberuntungan jika kita bersabar.
عن أبي سعيدٌ و أبي هريرة  قالا: قال رسول الله  :( ما يصيب المسلم من نصب ولا وصب ولا هم ولا حزن ولا أذى ولا غم حتى الشوكة يشاكها إلا كفر الله بها خطاياه) رواه البخاري ومسلم.
"Tidaklah ada rasa capek, sakit, kesedihan, kekhawatiran, gangguan dan permasalahan pelik yang diderita seorang muslim, bahkan sampai duri yang menancap di tubuhnya kecuali Allah akan menjadikannya sebagai penggugur dosa-dosanya." HR.Bukhari Muslim.
Wah, enak sekali kalau begitu, lebih baik kita mohon agar kita sering ditimpa musibah saja ya? Begitukah? Ternyata tidak! Mengapa? Karena kita tidak tahu apakah kita mampu bersabar ataukah tidak? Oleh karena itu kita harus selalu berdoa kepada Allah  agar senantiasa diberi keselamatan dan kesehatan, dan jika ditimpa musibah, kita diberikan kekuatan untuk bersabar.
Oleh karena itu Rasulullah  bersabda:
(عجباً لأمر المؤمن إن أمره كله خير وليس ذاك لأحد إلا للمؤمن إن أصابته سراء شكر فكان خيرا له وإن أصابته ضراء صبر فكان خيرا له) رواه مسلم.
"Sungguh mengagumkan urusan seorang mukmin, seluruh urusannya adalah baik, kalau dia mendapatkan kesenangan dia bersyukur, sehingga kesenangan itu menjadi baik baginya. Kalau ditimpa kesusahan dia bersabar, sehingga kesusahan itu menjadi baik baginya." HR. Muslim
Bolehkah menangis tatkala tertimpa musibah?
عن أنس  أن رسول الله  دخل على إبراهيم وهو يجود بنفسه فجعلت عينا رسول الله تذرفان. فقال عبد الرحمن بن عوف : وأنت يا رسول الله ؟ فقال: يا ابن عوف إنها رحمة ثم أتبعها بأخرى. فقال: إن العين تدمع والقلب يحزن ولا نقول إلا ما يرضي ربنا وإنا لفراقك يا إبراهيم لمحزونون) رواه البخاري.
"Suatu hari Nabi  masuk (ke rumah) menemui anaknya Ibrahim yang sedang berada dalam sakaratul maut. Maka meneteslah air mata Rasulullah . Abdurrahman bin Auf  (yang berada di situ saat itu) berkata, "Engkau juga menangis wahai Rasulullah?". "Wahai Abdurrahman ini adalah kasih sayang" jawab beliau sambil kembali meneteskan air matanya. Kemudian Nabi  bersabda, "Sesungguhnya mata meneteskan air mata dan hati merasakan kesedihan, akan tetapi kita tidak berkata kecuali yang diridhai oleh Allah. Sesungguhnya kami merasa sedih dengan perpisahan ini wahai Ibrahim." HR Bukhari.
Ikhwati fillah…
Oleh karena itu, selagi kita masih di dunia, marilah kita berlomba-lomba untuk mensucikan dosa-dosa kita di tiga telaga ini sebelum datang hari yang pada saat itu tidak ada kesempatan lagi untuk beramal, yang ada hanyalah penyesalan yang tiada gunanya.
Allah  menceritakan penyesalan penghuni neraka dalam firmanNya:
 وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحاً غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ (فاطر37)
Artinya: "Dan mereka berteriak di dalam neraka itu, "Ya Rabbi, keluarkanlah kami. Niscaya kami akan mengerjakan amalan shalih berlainan dengan apa yang telah kami kerjakan". Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup bagi orang yang mau berpikir?! Maka rasakanlah (adzab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun." (QS: Faathir 37)
Wallahua'lam wa shallallahu 'ala nabiyyina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi ajma'in.

Tidak ada komentar: